Minggu, 18 Maret 2012

KURANGI MENGGUNAKAN KATA "TIDAK"


“aku tidak bisa melakukan semua itu …..”
Kata tidak adalah sebuah kata yang digunakan dalam kurang sanggupnya kita dalam melakukan pekerjaan tersebut. Kita sering sekali menemukan orang jika menolak sesuatu itu dengan menggunakan kata “tidak” sebenarnya kata itu kurang bagus digunakan karena dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa jika orang berkata tidak maka itu akan menurun kan semangatnya untuk melakukan sesuatu misalnya:
A: kamu bisa tidak memperbaiki komputerku yang ada dirumah, kayanya rusak parah sekali.
B: maaf sekali aku tidak bisa memperbaikinya,….
Dari percakapan diatas, bahwa Si-A meminta kepada si-B untuk menolongnya memperbaiki komputernya tapi si-B menolak dengan alasan tidak bisa memperbaikinya, si-B menggunakan kata tidak itu berarti ia sudah menurunkan semangatnya atau motivasi nya untuk bisa belajar memperbaiki komputer. Itu adalah salah satu contoh kenapa kita harus mengurangi menggunakan kata “tidak”
Lalu bagaimana mengatasi agar kita kita tidak sering munggunakan kata “tidak”? salah satu solusi yang dapat saya berikan. Ganti lah kata “tidak” dengan kata “belum”. Kenapa menggunakan kata “belum” karena didalam kata belum mengandung sebuah unsur yang bisa membuat seseorang ada motivasi dalam berbuat sesuatu. Contohnya:
A: kamu bisa tidak membuat kan design dari program corel draw….?
B:  maaf aku belum bisa program corel draw,…..
Dari percakapan diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa si-B menolak permintaan si-A dengan menggunakan kata belum itu berarti bahwa si-B memiliki kesempatan untuk berusaha untuk mewujudkan permintaan si-A dengan mempelajari apa yang belum dia bisa…….
Tidak semua kata “tidak” berakibat buruk tergantung situasi dan keadaan….

0 komentar:

Posting Komentar